5 PELAJARAN PENTING YANG ANDA DAPAT DARI TRAVELING

Traveling tak sekadar ajang refreshing, senang-senang, atau eksis di media sosial. Banyak pelajaran yang Anda dapat saat traveling. Kalau Anda peka, traveling bisa membuat hidup lebih baik.

 

Banyak alasan untuk traveling, baik ke dalam atau luar negeri. Tujuan liburan pun berbeda masing-masing orang. Ada yang untuk eskapisme dari rutinitas, ada pula yang memang ingin belajar budaya dan tradisi di destinasi tujuan.

 

5 PELAJARAN PENTING YANG ANDA DAPAT DARI TRAVELING

 

1. Keluar dari zona nyaman

Berada dalam zona nyaman alias comfort zone bukanlah hal yang baik. Penting bagi Anda untuk melihat kehidupan dari sisi yang lain, sebagai orang lain, di tempat lain. Itulah pentingnya keluar sejenak dari rutinitas dan lingkungan sehari-hari.

 

Dengan traveling, Anda akan keluar dari zona nyaman dan bertemu banyak hal baru. Ini akan memberi pelajaran bagi Anda. Meski destinasinya sama, pengalaman dan pelajaran hidup selalu berbeda untuk tiap orang.

 

 

2. Membangun rasa percaya diri

Traveling ke tempat baru mengharuskan Anda melakukan banyak hal baru. Naik transportasi lokal, bicara bahasa lokal, belajar budaya lokal. Terlebih lagi, Anda akan berinteraksi dengan banyak orang baru selama perjalanan.

 

Ditempa berbagai hal baru seperti ini, rasa percaya diri Anda akan otomatis meningkat. Berinteraksi dengan orang lokal sambil ‘nongkrong’ bareng di resto lokal bisa jadi pilihan.

 

 

 

 

3. Mengetahui kuliner, pakaian dan bahasa lokal

Beda tempat, beda lagi identitasnya. Traveling ke sebuah tempat atau negara mengharuskan Anda mencicipi kuliner setempat. Mengetahui bahan-bahan makanan apa yang biasa mereka masak, mengecap citarasa yang jadi identitas kuliner sebuah tempat.

 

Begitupun soal pakaian. Beda tempat, beda lagi cara berpakaiannya. Mayoritas orang Timur Tengah mengenakan hijab, lain halnya dengan Hawaii yang mayoritas berpakaian terbuka. Anda juga akan mendapat pelajaran soal bahasa. Tak perlu fasih, hanya beberapa kosakata dan sapaan penting.

 

4. Belajar budaya lain

Budaya seperti tak ada habisnya untuk dipelajari. Traveling adalah cara terbaik belajar budaya, apalagi kalau Anda berinteraksi langsung dengan orang lokal.

 

Mengikuti upacara adat, melihat ritual sehari-hari, dan memerhatikan etika masyarakat lokal bisa menjadi pelajaran penting. Orang lokal juga akan menambah pengetahuan Anda tentang berbagai isu seperti pendidikan, hak asasi manusia, kesehatan, dan lingkungan.

 

5. Menunjang karir dimasa mendatang

Percaya atau tidak, traveling bisa menunjang karir Anda di masa mendatang. Sudah menjadi rahasia umum, seorang traveler punya pandangan lebih luas dan luwes dalam berhadapan dengan banyak orang.

 

Pengalaman traveling akan lebih berharga bila Anda ingin berkarir dalam bidang traveling. Entah itu jadi travel writer, travel blogger, sampai pemandu wisata. Dijamin, traveling tak akan merugikan diri Anda

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama